Tuesday, November 27, 2012

RANGKAIN ELEKTRONIK PENGUKUR JARAK


RANGKAIN ELEKTRONIK PENGUKUR JARAK DENGAN (Parallax Ultrasonic Range Finder “Plus Source Code”)


  1. Tentang Ping))) Parallax
Ultrasonik, sebutan untuk jenis suara diatas batas suara yang bisa didengar manusia. Seperti diketahui, telinga manusia hanya bisa mendengar suara dengan frekuensi 20 Hz sampai 20KHz. Lebih dari itu hanya beberapa jenis binatang yang mampu mendengarnya, seperti kelelawar dan lumba-lumba. Lumba-lumba bahkan memanfaatkan ultrasonik untuk mengindera benda-benda di laut. Prinsip ini kemudian ditiru oleh sistem pengindera kapal selam. Dengan cara mengirimkan sebuah suara dan mengitung lamanya pantulan suara tersebut maka dapat diketahui jarak kapal selam dengan benda tersebut. Mula-mula suara dibunyikan, kemudian dihitung lama waktu sampai terdengar suara pantulan. Jarak dapat dihitung dengan mengalikan kecepatan suara dengan waktu pantulan. Kemudian hasilnya dibagi 2. Misalnya lama waktu pantulan adalah 1 detik, maka jaraknya adalah (344,424m/detik x 1 detik)/2 = 172m.
Ping))) Ultrasonic Range Finder, adalah modul pengukur jarak dengan ultrasonic buatan Parallax Inc. yang didesain khusus untuk teknologi robotika. Dengan ukurannya yang cukup kecil (2,1cm x 4,5cm), sensor seharga 300 ribu rupiah ini dapat mengukur jarak antara 3 cm sampai 300 cm. Keluaran dari Ping))) berupa pulsa yang lebarnya merepresentasikan jarak. Lebar pulsanya bervariasi dari 115 uS sampai 18,5 mS.
Gambar 1. Ping))) Parallax Ultrasonic Range Finder
Pada dasanya, Ping))) terdiri dari sebuah chip pembangkit sinyal 40KHz, sebuah speaker ultrasonik dan sebuah mikropon ultrasonik. Speaker ultrasonik mengubah sinyal 40 KHz menjadi suara sementara mikropon ultrasonik berfungsi untuk mendeteksi pantulan suaranya. Pada modul Ping))) terdapat 3 pin yang digunakan untuk jalur power supply (+5V), ground dan signal. Pin signal dapat langsung dihubungkan dengan mikrokontroler tanpa tambahan komponen apapun. Ping))) mendeteksi objek dengan cara mengirimkan suara ultrasonik dan kemudian “mendengarkan” pantulan suara tersebut. Ping))) hanya akan mengirimkan suara ultrasonik ketika ada pulsa trigger dari mikrokontroler (Pulsa high selama 5uS). Suara ultrasonik dengan frekuensi sebesar 40KHz akan dipancarkan selama 200uS. Suara ini akan merambat di udara dengan kecepatan 344.424m/detik (atau 1cm setiap 29.034uS), mengenai objek untuk kemudian terpantul kembali ke Ping))). Selama menunggu pantulan, Ping))) akan menghasilkan sebuah pulsa. Pulsa ini akan berhenti (low) ketika suara pantulan terdeteksi oleh Ping))). Oleh karena itulah lebar pulsa tersebut dapat merepresentasikan jarak antara Ping))) dengan objek. Selanjutnya mikrokontroler cukup mengukur lebar pulsa tersebut dan mengkonversinya dalam bentuk jarak dengan perhitungan sebagai berikut
Jarak = (Lebar Pulsa/29.034uS) /2 (dalam cm)
atau
Jarak = (Lebar Pulsa x 0.034442) /2 (dalam cm)
Karena 1/29.034 = 0.34442
Gambar 2. Pulsa Ping))) Parallax Ultrasonic Range Finder
Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa Ping))) tidak dapat mengukur objek yang permukaannya dapat menyerap suara, seperti busa atau sound damper lainnya. Pengukuran jarak juga akan kacau jika permukaan objek bergerigi dengan sudut tajam (meruncing).
  1. Contoh Aplikasi Pengukur Jarak
Pada aplikasi ini mikrokontroler akan membaca lebar pulsa dari Ping))), dihitung kemudian
ditampilkan ke LCD. Pastikan !!! : pin Signal (SIG) terhubung ke PINB.0 Tanpa resistor pullup.
Gambar 3. Rangkaian Aplikasi Ping))) Parallax
  • Foto Hasil Pengujian dengan menampilkan ketelitian 2 desimal
Foto 1
Foto 2
Foto 3
Seperti tampak pada gambar, pengukuran jarak pada LCD menampilkan angka sesuai dengan pergeseran objek pada penggaris, dan mempunyai ketelitian tinggi dan bisa membaca data dibawah millimeter
Foto 1 menampilkan 10,50 cm = 105 mm
Foto 2 menampilkan 7,30 cm = 73 mm
Foto 3 menampilkan 7,27 cm = 72,7 mm (data antara 1 mm dapat terbaca)

sumber : blog lombok_creck84
sharing is caring


No comments:

Post a Comment