Tuesday, November 27, 2012

Prinsip Kerja Sensor Pengukur Jarak Ultrasonik




·         Gelombang ultrasonik adalah gelombang dengan besar frekuensi diatas frekuensi gelombang suara yaitu lebih dari 20 KHz.Untuk aplikasi pengukur jarak biasanya menggunakan frekuensi 40 KHz.

· Sensor ultrasonik terdiri dari rangkaian pemancar ultrasonik yang disebut transmitterdan rangkaian penerima ultrasonik yang disebut receiver.

· Sinyal ultrasonik yang dibangkitkan akan dipancarkan dari transmitter ultrasonik. Sinyal yang dipancarkan tersebut akana merambat dengan sinyal bunyi / gelombang bunyi dengan kecepatan sekitar 340 m/s. Ketika sinyal mengenai benda penghalang, maka sinyal ini dipantulkan, dan diterima oleh receiver ultrasonik.

· Sinyal yang diterima oleh rangkaian receiver dikirimkan ke rangkaian mikrokontroler untuk selanjutnya diolah untuk menghitung jarak terhadap benda di depannya (bidang pantul).





· Setelah sinyal tersebut sampai di penerima ultrasonik, kemudian sinyal tersebut akan diproses untuk menghitung jaraknya. Jarak dihitung berdasarkan rumus :
S = 340.t/2dimana S adalah jarak antara sensor ultrasonik dengan bidang pantul, dan t adalah selisih waktu antara pemancaran gelombang ultrasonik sampai diterima kembali oleh bagian penerima ultrasonik

No comments:

Post a Comment